Minggu, 29 April 2012

Pengambilan Keputusan (Decision Making)


Oleh: Thamrin PH Simanjuntak
Kalau petani menghasilkan padi, pandai besi menghasilkan peralatan logam, nelayan menghasilkan ikan, maka seorang manajer menghasilkan keputusan. Keputusan ini diambil dalam rangka menjalankan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian (Plan, Implementation and Evaluation) dan fungsi-fungsi turunannya.
Kata “putus” dalam keputusan menimbulkan pertanyaan tentang apa yang di”pisah”kan atau di”lepas”kan.  Keputusan memang adalah suatu tindakan manajer untuk melepaskan berbagai pilihan dan memilih satu pilihan saja. Dalam proses manajemen, pilihan mempunyai dimensi: spesifikasi tindakan yang yang harus dilakukan, waktu dan pelakunya.  
Pengambilan keputusan dilakukan setiap kali seorang manajer menghadapi pilihan. Keputusan dapat bersifat rutin dan bersifat sewaktu-waktu. Dan ada pula yang disebut sebagai keputusan strategis, suatu keputusan yang akan mempengaruhi perusahaan atau organisasi secara keseluruhan dan dalam jangka waktu yang panjang.

Kualitas keputusan dipengaruhi dua unsur utama, yaitu:
  • Pengumpulan pilihan dan penjelasan positif negatif tentang pilihan tersebut.
  • Pertimbangan yang dipakai oleh pengambil keputusan.

Keterampilan dalam pengambilan keputusan sangat dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman manajer yang bersangkutan. Hal lain adalah, gaya manajemen (management style) juga menentukan proses dan hasil dalam pengambilan keputusan.
Melatih kemampuan dalam pengambilan keputusan dalam dilakukan sehari-hari dengan mengamati rekan atau atasan ketika mereka melakukan pengambilan keputusan.
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat diajukan:
  • Apa keputusannya? (tindakan, waktu dan pelaku)
  • Pilihan apa yang tidak diambil? (atau memang tidak ada pilihan)
  • Bagaimana hasil keputusan tersebut? (berhasil baik atau kurang baik)
  • Bagaimana dan apa penjelasan positif negatif setiap pilihan yang ada?

Berbagai contoh keputusan dan prosesnya akan disampaikan pada tulisan berikutnya.
(Pengaruh gaya kepemimpinan pada proses pengambilan keputusan; Keputusan Strategis; Keputusan Berdasarkan Informasi, dll.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar