Minggu, 06 Mei 2012

Manajemen Waktu (Time Management)


Waktu adalah uang. Ungkapan yang menandakan bahwa waktu itu adalah sumberdaya yang berharga. Demikian halnya dalam proses manajemen. Keterampilan mengelola waktu akan membuat seorang manajer menjadi produktif; artinya banyak karya-karya dan penyelesaian pekerjaan yang dilakukan dengan baik dalam waktu yang terbatas.

Suatu analisis dilakukan terhadap setiap yang pekerjaan yang dihadapi manajer, baik itu pekerjaan rutin maupun yang tidak rutin. Dibuatlah pengelompokan dalam empat kondisi pekerjaan berdesarkan kriteria apakah pekerjaan itu penting atau apakah pekerjaan itu mendesak:
  • Penting dan Mendesak
  • Penting Tidak Mendesak
  • Tidak Penting tetapi Mendesak
  • Tidak Penting dan Tidak Mendesak
Suatu pekerjaan dikatakan penting  atau sangat penting akan dilihat dalam tingkatan kontribusi pekerjaan tersebut terhadap keberhasilan perusahaan, kelompok/divisi, tim kerja, atau prestasi/target individu.
Penilaiaan keterdesakan adalah berdasarkan dimensi waktu yang tersedia untuk menyelesaikan pekerjaan yang bersangkutan.

Dengan analisis ini, tidak heran jika terjadi bahwa apa yang  dianggap penting atau mendesak oleh seseorang belum tentu penting atau mendesak di mata bawahan atau atasan yang bersangkutan. Sehingga dalam manajemen waktu, harus ditetapkan orientasi pekerjaan seorang manajer; untuk memuaskan pihak lain (atasan, bawahan, pelanggan, pemasok,dll) atau memuaskan diri sendiri.

Dengan analisis ini pula dapat dibuat urutan prioritas dari sederet pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan atau sepanjang tahun.
Prioritas tentu sesuai urutan keempat pengelompokan pekerjaan tersebut di atas. Untuk pekerjaan-pekerjaan membutuhkan waktu sangat singkat dapat dijadikan pekerjaan sisipan. Namun harus diingat bahwa ada pekerjaan yang terlihat dapat diselesaikan dengan cepat ternyata membutuhkan waktu tambahan untuk persiapan, koordinasi, dan perpindahan emosi disamping waktu eksekusinya yang memang singkat.

Kita lanjutkan dengan kasus-kasus manajemen waktu  pada tulisan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar